PALOPO SEMAKIN BERBEDA DAN SEMAKIN TERKEMUKA

Penulis : Akhmad Syakur, S.Pd., M.Sc.

Salah satu ciri suatu kota yang maju adalah regulasi sektor perekonomian meningkat. Perekonomian suatu negara atau daerah akan terus berkembang apabila ditunjang oleh infrastruktur yang layak. Ketersediaan infrastruktur yang memadai dan berkelanjutan serta upaya memordernisasi sarana prasaran merupakan kebutuhan primer (mendesak)  dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan infrastruktur meliputi pembangunan sarana transportasi (jalan), telekomunikasi dan informatika, perumahan, sumberdaya air, kelistrikan, dan energi. Dalam artikel ini hanya menyoroti dalam satu aspek saja yaitu pembangunan dan pembenahan jalan.

Penataan trotoar di kota palopo (Sumber foto matarakyat.com)
Penataan trotoar di kota palopo (Sumber foto matarakyat.com)

Pemerintah Kota Palopo dibawah kepemimpinan HM. Judas Amir sangat menyadari bahwa untuk memajukan Kota Palopo, hal yang pertama yang harus dibenahi adalah dari segi infrakstrkturnya khususnya perbaikan jalan. Jalan yang baik merupakan organ vital yang sangat dibutuhkan oleh pengguna jalan. Apalagi saat ini pengguna jalan semakin meningkat di Kota Palopo. Wisatawan biasanya menilai kemajuan suatu daerah diawali dari kondisi jalan daerah tersebut. Akhir-akhir ini, pemerintah Kota Palopo semakin gencar memperbaiki dan menata jalan. Tidak hanya jalan utama yang diperbaiki tetapi jalan di dalam lorong (jalan insfeksi) juga sebagian besar telah diaspal. Selain itu, pelebaran jalan utama juga terus dilakukan untuk membuat para pengguna jalan semakin aman serta dapat menghidarkan dari kemacetan. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sebagian masyarakat yang tempat tinggalnya berada di dalam lorong merasa senang dengan adanya perbaikan jalan setelah sekian lama merasakan jalan yang berlubang dan berdebu.

Keseriusan pemerintah Kota Palopo terhadap pembenahan infrakstruktur seakan memberi sinyal dan membangunkan asa jika Kota Palopo akan menjadi salah satu  kota yang mampu bersaing dan diperhitungkan sebagai kota maju dan modern. Keseriusan ini tidak hanya dalam retorika belaka tetapi kita dapat menyaksikan realita di lapangan serta serapan anggaran dari tahun ketahun semakin meningkat dan sebagian besar dialokasikan untuk pembangunan infrasktruktur.

Perbaikan jalan di kota palopo (sumber foto koranseruya.com)
Perbaikan jalan di kota palopo (sumber foto koranseruya.com)

Masyarakat Kota Palopo sudah seharusnya  berterima kasih atas perubahan Kota Palopo yang semakin hari semakin maju. Tidak sampai disitu saja, masyarakat Kota Palopo juga seharusnya ikut andil dalam menjaga segala capaian yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Palopo khusunya menjaga keindahan jalan yang telah tertata rapi.

Tidak berlebihan kiranya jika banyak masyarakat yang mengatakan bahwa kemajuan Kota Palopo saat ini sangat jauh berbeda dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Namun perkembangan kota Palopo yang sangat pesat ini tidak berarti bahwa tidak ada lagi pembenahan dan perbaikan. Harapan kedepan untuk pemerintah Kota Palopo adalah pembangunan sarana trasnportasi yang merata di seluruh wilayah Kota Palopo, Pembangunan drainase yang berkelanjutan, mengoptimalkan penataan dan penambahan trotoar sehingga pejalan kaki terlindungi. Semoga Kota Palopo semakin diminati oleh wisatawan dan investor serta semakin dicintai oleh masyarakatnya. Jayalah terus Kota Palopo.

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba menulis tentang Kota Palopo #BloggerTanaLuwu

Berikan Komentar

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*