Palopo Maju, Antara Berhasil dan Keberhasilan Yang Tertunda

Wali Kota-Wakil Wali Kota Palopo periode 2013-2018. (Foto int)
Wali Kota-Wakil Wali Kota Palopo periode 2013-2018. (Foto int)
PENULIS : Umar Assyaibani
Sejarah mencatat, bahwa HM Judas Amir MH adalah Wali Kota Palopo yang kedua setelah H.P.A Tenriajeng MSi. Kemajuan Kota Palopo dibawah masing-masing kepemimpinan Wali Kota Palopo, baik saat Kota Palopo dipimpin H.P.A Tenriajeng MSi maupun HM Judas Amir, tentunya tidak dapat dielakkan.
Namun kali ini, penulis ingin mengungkap sekelumit kemajuan Kota Palopo dibawah kepemimpinah HM Judas Amir MH. Sesungguhnya, penulis tidak berniat membandingkan ataupun mendiskreditkan salah satu Wali Kota Palopo dalam kepemimpinannya, namun penulis berangkat dari niat untuk mengangkat gaya kepemimpinan Wali Kota Palopo saat ini, HM Judas Amir yang telah berupaya banyak dalam merubah wajah Kota Palopo yang dinilai belum maju menuju kemajuan seperti harapan masyarakat.
Karena jujur saja saat ini, sebahagian kecil ataupun sebahagian besar masyarakat Kota Palopo tentunya tidak mengetahui kemajuan Kota Palopo saat ini, sehingga masyakat saat ini begitu mudah mengecam, bahkan membullynya hanya karena masyarakat menilai bahwa Wali Kota Palopo telah melakukan suatu kesalahan.
Penulis ingin mengungkapkan, bahwa “Kebaikan yang dilakukan seseorang sangat sulit diterima publik. Namun kesalahan, walaupun kecil akan mudah tersebar, bahkan hingga ke pelosok wilayah sekalipun dan bahkan akhirnya kesalahan itu akan tinggal mengakar dipelosok hati publik yang sulit dibersihkan,”.
Tidak dipungkiri, bahwa Kota Palopo saat ini tengah mengalami kemajuan dari berbagai bidang semenjak didaulatnya Pasangan yang memiliki tagline JA (HM Judas Amir MH- Dr Akhmad Syarifuddin Daud) sebagai Wali Kota Palopo-Wakil Wali Kota Palopo periode 2013-2018 semenjak 2013 lalu hingga tahun 2017 ini.
Sederet kemajuan itu, akan penulis tuangkan dalam tulisan ini. Berikut kemajuan Kota Palopo semenjak dipimpin JA (HM Judas Amir-Dr Akhmad Syarifuddin Daud). Dalam pembagunan, tentunya kita sebagai masyarakat telah menyaksikan begitu gencarnya Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo saat ini, dimulai dari aspek pembangunan secara fisik wajah perkotaan, hingga membangun karakter para pengabdinya, termasuk dari segi pembangunan di dunia pendidikan, ekonomi, pariwisata, olahraga, kesehatan, industri, jasa, dan lain sebagainya.
Pembangunan secara fisik wajah perkotaan yang penulis maksud disini yakni, dari segi pembagunan dan tata kelola Kota Palopo mulai dari icon Kota Palopo, yakni pembangunan Gedung Kantor Wali Kota Palopo yang telah ditelan ‘panasnya’ kontalasi politik pada 2013 silam. Kemudian icon Kota Palopo yang lainnya, seperti Lapangan Pancasila, termasuk beberapa pembangunan taman
Kota yang ada dibeberapa tempat di wilayah Kota Palopo.
Kemudian pembangunan bidang infrastruktur lainnya seperti pembangunan jalan, yakni sepanjang 2013 hingga 2017, Pemkot Palopo telah menangani sejumlah pembangun infrastruktur jalan sepanjang 208,12 km. Selain itu ada juga pembangunan infrasktur lain yang dituntaskan, seperti jembatan sebanyak 40 unit, sepanjang 23,3 km irigasi, 38,9 km drainase, dan 31 ribu sambungan air minum, di Kota yang bertajuk religius ini.
Selanjutnya, dalam pembangunan karakter para pengabdinya yang penulis maksud, yakni Pemerintah Kota Palopo berhasil membangun/merefresh kembali karakter para pengabdinya (bawahannya) dalam memeberikan pelayanan publik secara prima kepada masyarakat Kota Palopo melalui regulasi-regulasi yang pro rakyat dan rasional serta relavan dengan keadaan Kota Palopo.
Pembagunan di bidang pendidikan misalnya, harus diakui bahwa Wali Kota Palopo HM Judas Amir MH berhasil menerapkan gagasan Pendidikan gratis paripurna. Dalam menerapkan gagasan tersebut tentunya memiliki kemajuan, pun kekurangannya. Kemajuannya, yakni anak-anak sekolah di Kota Palopo digaransi untuk mengenyam pendidikan gratis, mulai sejak SD hingga SLTA. Adapun kekurangannya, yakni dalam sistem penerapannya, ada bawahan atau pelaksananya yang melaksanakan perintah Wali Kota dengan tepat, ada pula yang tidak tepat sasaran, sehingga tentunya memiliki sederet kekurangan.
Selanjutnya di bidang pelayanan publik lainnya, Pemkot Palopo memberikan pelayanan kesehatan gratis paripurna, termasuk program gratis raskin.
Untuk program kesehatan gratis paripurna yang luncurkan Pemkot Palopo, secara langsung pemerintah memberikan jaminan kesehatan dengan melakukan pembayarkan BPJS Kesehatan untuk seluruh masyarakat Kota Palopo.
Selain itu, untuk lebih terakomodirnya Program kesehatan gratis paripurna ini  Pemkot Palopo meluncurkan layanan ambulance, lazimnya disebut UPTD JA (Jemput Antar). Program JA ini bertugas untuk menjemput dan mengantar masyarakat Kota Palopo.
Selain itu, dari segi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), tidak dipungkiri bahwa Kota Palopo mengalami peningkatan yang signifikan. Terhitung mulai 2013, belanja langsung berkisar Rp278 miliar, kemudian pada 2014 mengalmi peningkatan sebesar Rp324 miliar. Adapun di tahun 2015 belanja langsung naik menjadi Rp486 miliar, dan di tahun 2016 malah srmakin meningkat, hingga diangka Rp708 miliar. (sumber : APBD Kota Palopo yang dirilis melalui berita sepanjang 2013 hingga 2016)
Begitu juga dalam hal pembangunan lainnya, baik dari segi ekonomi, pariwisata, olahraga, industri, jasa, dan lain sebagainya. Pemkot Palopo memiliki kemajuan dan kekurangan, namun bukan berarti tidak berhasil. Sehingga hal itu penulis sebut sebagai ‘keberhasilan yang masih tertunda’.
Untuk itu saat ini, melalui butir-butir janji politiknya dengan 22 program harapan baru dengan tujuan menciptakan kesejahteraan yang berkesinambungan semenjak pasangan JA (HM Judas Amir MH-Dr Akhmad Syarifuddin Daud) dilantik, pada hari Sabtu 6 Juli 2013 silam, akan terus berupaya diwujudkannya hingga akhir kepemimpinannya pada tahun 2018 mendatang.
Perlu diketahui, ini adalah sederet penghargaan Kota Palopo semenjak dipimpin JA (HM Judas Amir MH-Dr Akhmad Syarifuddin Daud) semenjak 2013 – 2017
1. Penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan RI Tahun 2013
2. Penghargaan Wahana Tata Nugraha Oleh Kementerian Perhubungan RI Tahun 2013
3. Penghargaan Program Pelayanan Kesehatan Gratis dari Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2014
4. Penghargaan Integrasi JKN ke BPJS dari Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2014
5. Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di Bidang Pengarusutamaan Gender (PUG) dari
Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak  Tahun 2014
6. Penghargaan Akselerasi Peningkatan Kualitas hidup Perempuan dan Anak dari Gubernur Sulawesi
Selatan Tahun 2014
7. Meraih predikat Wajar Dengan Pengecualian ( WDP ) atas Laporan Pengelolaan keunagna dan aset daerah , Tahun 2014.
8. Penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) Sub Bidang Pengelolaan Drainase dari
Kementerian Dalam Negeri Tahun 2015
9. Penghargaan Indonesia Digital Society Awards (IDSA) dari Kementerian Komunikasi dan
Informatika RI Tahun 2015
10. Penghargaan Manggala Karya Kencana oleh Presiden RI Tahun 2015
11. Piala Kota Sehat Tingkat Provinsi Oleh Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2015
12. Piala Adipura Bidang Lingkungan Hidup (BLH) dan Kebersihan Oleh Presiden RI Tahun 2015
13. Penghargaan atas kinerja yang tinggi sebagai penyelenggara penerimaan siswa baru secara
online mandiri dari Gubernur Sulawesi Selatan , Tahun 2015.
14. Penghargaan atas kinerja sebagai wilayah tuntas tuna aksara dari Gubernur sulawesi Selatan,
Tahun 2015
15. Penghargaan Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) atas Laporan Keuangan
Pemerintah tahun 2015
16. Plus 5 besar MTQ Sulsel di kabupaten Barru thn 2016.
17. Opini Wajar Tampa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Tahun 2016
18. Penghargaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dari Gubernur Sulawesi Selatan tahun 2017
19. Penghargaan pengelolaan Rastra terbaik tahun 2016 dari Gubernur Sulawesi Selatan 2017
Dari sekian penghargaan tersebut, kemungkinan masih banyak lagi penghargaan yang luput dari pengetahuan penulis. (Sumber diolah melalui pemberitaan semenjak 2013-2017)
Berdasarkan VISI dan MISI Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo “Terwujudnya Palopo sebagai Kota Pendidikan, Jasa, Niaga dan Agro Industri yang Berwawasan Agama, Budaya, dan Lingkungan yang Terkemuka di Indonesia”.
Dengan Misi Kota Palopo, Menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, efisien, efektif dan demokratis dengan mengedepankan supremasi hukum.
1. Mendorong pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan pelayanan masyarakat di berbagai sektor.
2. Mendorong ketersediaan kebutuhan pokok manusia khususnya sandang dan pangan bagi masyarakat Kota Palopo.
3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui jalur pendidikan formal dan non formal.
4. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara berkelanjutan.
5. Meningkatkan perekonomian rakyat dengan mendorong seara sungguh-sungguh simpul-simpul ekonomi rakyat, utamanya di bidang perkoperasian/syariah, industri rumah tangga, usaha kecil, mikro dan menengah, lembaga keuangan dan jasa, serta mengembangkan pariwisata dan budaya yang didukung dengan infrastruktur yang memadai.
6. Menjamin iklim investasi yang kondusif melalui pelayana yang mudah, cepat dan efektif, serta kepastian berusaha dan mendorong terciptanya lapangan pekerjaan.
7. Penataan kawasan perkotaan yang berwawasan lingkungan.
8. Mengembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara di dalam otonomi daerah serta mendorong berkembangnya kehidupan beragama yang rukun, guna mewujudkan ketertiban dan keamanan demi
terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis. (Sumber : palopokota.go.id)
Itulah sekelumit sketsa kepemimpin pasangan Wali Kota-Wakil Wali Kota Palopo JA (HM Judas Amir MH-Dr Akhmad Syarifuddin Daud) semenjak 2013-2017. Dalam tulisan ini, penulis tentunya sangat menyadari tentang kekurangan yang penulis miliki lantaran terbatasnya kemampuan dan juga informasi. Untuk itu, penulis amatiran seperti ini menginginkan masukan dan koreksi dari berbagai pihak, sehingga miskomunikasi (kesalahan dalam komunikasi) yang pada akhirnya membuat distorsi (pembelokan) informasi dapat kita tekan bersama dalam era post modern saat ini.
Salam penulis
#BloggerTanaLuwu
link blog tulisan : http://umarfunk.blogspot.co.id/2017/06/palopo-maju-antara-berhasil-dan.html?m=1
Berikan Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*