Mengenal Palopo, Kota Yang Melesat Cepat! (Pembangunannya)

Penulis : Lalu Alfian Rifa’i

Eh.. Palopo…?
Kenapa Sob? Apakah Nama ini terdengar asing di telinga Sobat..?
Iya…
Wahh.. parah nih, masa sih nggak tau? padahal sama-sama berada di Indonesia. Palopo ini juga sering diliput media Nasional loh ^_^
masa..?
beneran dong, masa Ane bohong

Buat Sobat yang belum tau,
Palopo itu adalah nama kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Pada awalnya di tahun 1986 Palopo adalah kota administratif dan merupakan bagian dari Kabupaten Luwu. Nah.. setelah melalui serangkaian proses barulah pada tahun 2002 status Palopo berubah menjadi “Kota.

Oo… Palopo itu ternyata nama Kota…., unik dan keren banget ya namanya.
Pastinya ^_^ Eh tapi asal Sobat tau dulu namanya bukan itu loh…
Masa…?
Yups…, Sebelum nama Palopo diberikan kota ini terlebih dahulu dikenal dengan nama Ware sebagaimana disebutkan dalam epik La Galigo. Sebutan Palopo sendiri diperkirakan mulai digunakan tahun 1604 saat masjid Jami’Tua dibangun di kota tersebut.
Wow…

Sobat tau nggak kenapa Ane merekomendasikan Palopo?
Nah itu dia pertanyaan yang juga mau Ane tanyakan ke Ente
Jawabannya Karena Pembangunan di Kota Palopo ini begitu Pesat. ^_^
Maksudnya…?
Jadi kalau Sobat mengunjungi kota Palopo tahun ini, kemudian beberapa tahun kembali lagi Sobat mungkin takjub dengan pembangunan infrastruktur yang begitu Pesat.

Ah.. berlebihan, masa sih kemajuan pembangunan Palopo sampai sebegitunya
Eits.. itu fakta loh
Semenjak terbentuk di tahun 2002 silam, pembangunan yang terjadi di kota Palopo mulai digalakkan. Bahkan di masa kepemimpinan HM Judas Amir-Akhmad Syarifuddin (JA) yang berlangsung saat ini pembangunan Infrastruktur begitu pesat.

Hal itu dapat dilihat dari tahun 2013-2016 dimana Pemkot Palopo telah menangani berbagai infrastruktur penting seperti pembuatan serta perbaikan Jalan sepanjang 208,12 km, jembatan sebanyak 40 unit, irigasi sepanjang 23,3 km, pembuatan Drainase sepanjang 38,9 km serta memasang 31 ribu sambungan air minum.
Woaaah…

Jangan kaget dulu Sob, karena itu proyek tahun lalu.
Nah ditahun ini Pemerintah Kota Palopo berencana untuk membangun lebih banyak lagi infrastruktur di seantero wilayah agar masyarakatnya dapat menikmati kemakmuran yang merata.
Ah.. Ente tau darimana tahun ini Pemerintah punya banyak proyek besar?
Yaelah nggak percaya, nih Ane tunjukin datanya yang telah dirilis oleh media online Palopo biar Sobat percaya.

Woaaaaa Dahsyat!
Jujur nih Sobat, baru kali ini Ane liat sendiri rencana APBD secara langsung. Menurut Ane Cara seperti ini Perlu di contoh oleh daerah lain.
Amin.. amin… Semoga beneran terwujud ya, secara tujuannya kan baik agar masyarakat bisa memantau dan mengawal pembangunan di Palopo.
Bener banget tuh….!

Oh iya di awal tahun walikota Palopo H.M. Judas Amir mengungkapkan kalau di 2017 ini pemerintah akan fokus menjadikan Kota Palopo sebagai kota tujuan wisata yang layak dikunjungi oleh para wisatawan.
Menurut Ente bakalan terealisasi nggak? jangan-jangan itu hanya “angin lalu” saja
Ane No comment, biar gambar-gambar ini aja yang menjawab:

Proyek Revitalisasi Lapangan Pancasila:
*Sebagai Ruang terbuka hijau dan ruang publik
*Dilengkapi sarana Olahraga dan Wifi
Realisasi saat ini:
Segera dimulai pengerjaan

Proyek Anjungan Cerdas
*Sebagai Rest area (tempat istirahat)
*fasilitas yang disediakan SPBU, Supermarket, Mushalla, wifi
Realisasi saat ini:
Pembebasan lahan sudah dilakukan

Taman kirab Masjid Agung Palopo
Realisasi saat ini:
Dalam proses pengerjaan

Wah.. wah… ternyata beneran dilakukan ya…?
Sekarang percaya kan
Iya ^_^

—~~~—

Eh di internet disebutkan kalau Palopo punya yang namanya taman baca, Bener gak sih…?
Yups bener banget dan itu adalah tempat favorit Remaja di Palopo.
Oh ya…?
Salah satu alasan kenapa banyak yang suka dengan tempat itu adalah karena tampilannya yang “Eye Catching”. Padahal Kalau diselidiki sebenarnya Taman ini bukanlah infrastruktur baru, namun berkat renovasi yang telah dilakukan diberbagai sisi membuatnya kini tampak lebih modern dan “Up to Date”.

Karena tempatnya yang strategis Taman Baca ini juga seringkali dipergunakan sebagai tempat berkumpul dan bercengkrama bersama kawan atau keluarga, makanya nggak heran kalau tempat ini nggak pernah sepi dari pengunjung.

Wah… Bagus nih kayaknya
Yups…. Pasti bagus dong, Tapi walau begitu tempat ini juga memiliki beberapa point minus berdasarkan info dari tulisan blogger Palopo.
(-) walaupun namanya “Taman Baca” tapi tempat ini lebih banyak digunakan untuk nongkrong dan selfie.
(-) fasilitas WC yang kurang layak.
(-) Fasilitas parkir yang kurang layak

Wah sayang banget ya
Iya, karena itu semoga setelah membaca tulisan ini pemerintah bisa segera melengkapi sarana di taman baca agar lebih maksimal.
Eits.. jangan cuma melengkapi aja tapi perawatan itu juga penting. Kenapa? Karena Ane sering menemukan infrastruktur yg bagus tapi perawatannya kurang, sehingga dalam waktu singkat tempat tersebut menjadi rusak.
Nah.. bener banget tuh….

Setelah setelah mengintip sedikit tentang Palopo bagaimana pendapat Sobat?
5 kata untuk Palopo “Menarik dan Layak Untuk Didatangi”

Tulisan ini diikutkan dalam Lomba menulis #BloggerTanaLuwu

—~~~–

Link Artikel : https://ladanghoki.wordpress.com/2017/08/28/mengenal-palopo-kota-yang-melesat-cepat-pembangunannya/

Berikan Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*