Ikuti Lomba Menulis Artikel di Blog 2017

PALOPO’TA
~ Mengeksplore Pembangunan Kota Palopo ~

Kota Palopo yang terbentuk menjadi daerah otonom sejak 2 Juli 2002 silam, telah mengalami perkembangan cukup pesat.

Perkembangan pembangunan ini, baik dari segi infrastruktur, ekonomi, maupun bidang pelayanan masyarakat, perlu banyak diketahui masyarakat. Selain itu, dibutuhkan saran dan kritik yang membangun, dalam menata Kota Palopo kearah yang lebih baik.

Banyak program pembangunan yang dicanangkan Pemkot Palopo selama kepemimpinan HM Judas Amir-Akhmad Syarifuddin (JA).

Program di bidang infrastruktur jalan misalnya, sepanjang 2013-2016, Pemkot Palopo telah menangani jalan sepanjang 208,12 km. Selain jalan, infrasktur lain yang tertangani yakni, jembatan sebanyak 40 unit, sepanjang 23,3 km irigasi, 38,9 km drainase, dan 31 ribu sambungan air minum.

Dari segi belanja langsung APBD Kota Palopo juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada 2013, belanja langsung hanya berkisar Rp278 miliar, meningkat pada 2014 menjadi Rp324 miliar. Kemudian pada 2015 naik menjadi Rp486 miliar, dan di 2016 naik signifikan menjadi Rp708 miliar.

Dari segi program peningkatan kesejahteraan, wali kota telah mencanangkan ‘Siapa Mau Bekerja Apa.’ Wujudnya pemberian modal usaha bagi yang ingin membangun usaha. Selain itu, Perusda yang telah dibentuk adalah bagian dari upaya pemberdayaan home industri.

Kemudian di bidang pelayanan publik, Pemkot Palopo telah meluncurkan program serba gratis. Seperti pendidikan gratis paripurna, kesehatan gratis paripurna, dan gratis raskin.

Untuk kesehatan gratis, Pemkot Palopo telah membayarkan BPJS Kesehatan untuk seluruh warganya, kecuali yang tidak mau perawatan kelas III. Pemkot juga menyiapkan layanan jemput antar gratis, UPTD JA (Jemput Antar). JA ini bertugas menjemput dan mengantar masyarakat, meski bukan warga Palopo, namun masih dalam wilayah Kota Palopo.

Sejalan dengan lomba bertajuk ‘Palopo Ta’ Mengeksplore Pembangunan Kota Palopo,’ lomba ini, selain untuk menyebarluaskan informasi pembangunan daerah, juga bertujuan untuk memahami sudut pandang dan pengalaman positif teman-teman blogger mengenai pembangunan atau pemeliharaan infrastruktur dan pelayanan publik, berdasarkan pengalaman pribadi di Kota Palopo.

Tulisan blog diharapkan akan berpijak seputar infrastruktur, peningkatan aspek ekonomi, pelayanan publik, seperti kesehatan dan pendidikan, yang selama ini didukung oleh Pemerintah Kota Palopo.

Rekan-rekan bisa memilih sub-tema penulisan sebagai berikut:

  1. Bagaimana kondisi fasilitas infrastruktur yang ada saat ini di wilayah Kota Palopo dan harapan ke depan.
  2. Bagaimana peningkatan taraf hidup masyarakat Palopo, yang ada di sekeliling teman-teman atau keluarga para blogger. Baik pengalaman langsung maupun meneropong dari pemberitaan selama ini.
  3. Bagaimana kualitas pelayanan publik, utamanya pelayanan kesehatan dan pendidikan di Kota Palopo. Baik itu hasil pantauan langsung di lapangan atau melihat dari arah pemberitaan di media massa.
  4. Solusi atau rekomendasi teman-teman blogger untuk peningkatan kualitas infrastruktur dan pelayanan publik di Kota Palopo di masa mendatang.

Sudut pandang:

  • Setiap penulis bisa memilih salah satu fokus liputan: infrastruktur, pelayanan publik, dan peningkatan aspek ekonomi masyarakat.
  • Berdasarkan pengalaman atau pengamatan pribadi tentang fasilitas infrastruktur, pelayanan publik, dan peningkatan ekonomi masyarakat Kota Palopo.

Syarat dan Ketentuan Lomba

  1. Tulisan wajib diposting di blog pribadi atau di Kompasiana atau Indosiana, dan semacamnya. Artikel serta link artikel di blog-nya dikirim ke email: bloggertanaluwu@gmail.com. Juga harus disertakan dengan biodata singkat penulis.
  2. Pendaftaran gratis. Usia peserta minimal 17 tahun dan Warga Negara Indonesia.
  3. Panjang artikel maksimal 750 kata; tidak mengandung provokasi bernuansa SARA dan menyudutkan salah satu pihak.
  4. Menggunakan minimal dua (2) foto terkait tulisan yang diikutkan lomba. Jika memakai foto milik orang lain, mohon cantumkan keterangan sumber.
  5. Tulisan yang dinilai adalah yang diposting rentang waktu tahun 2016 hingga 31 Agustus 2017.
  6. Gaya penulisan bebas dan tulisan harus diberikan keterangan mengikuti lomba di akhir tulisan, dengan tagar #BloggerTanaLuwu.
  7. Bagi yang belum memiliki blog pribadi, seperti Blogspot atau WordPress, bisa diunggah ke web penyedia kolom penulis lepas, seperti Kompasiana atau Indosiana, dan semacamnya.
  8. Peserta lomba diharuskan me-like dan men-follow semua media sosial milik Blogger Tana Luwu : Facebook(https://www.facebook.com/BloggerTanaLuwu) Twitter (https://twitter.com/BloggerLuwu) dan Google Plus(https://plus.google.com/u/0/103220132356752680262).
  9. Tulisan yang diterima panitia, akan diposting linknya di media sosial milik Blogger Tana Luwu. Peserta diwajibkan membagikan link tulisan peserta yang diposting di medsos Blogger Tana Luwu.
  10. Konten artikel harus orisinil dan belum pernah diikutkan dalam lomba serupa.
  11. Panitia berhak mempublikasikan artikel yang diikutkan lomba tanpa menghilangkan nama penulisnya.

 

Mekanisme Penilaian

Tulisan yang diterima panitia akan dinilai dari beberapa aspek, yakni:

  1. Kesesuaian isi dengan tema lomba.
  2. Kualitas tulisan dan cara pengulasannya yang dinilai lebih mudah dimengerti.
  3. Setiap tulisan, mendapat 1 point untuk setiap like, 1 point untuk comment dari tiap account dan 5 point untuk share dari tiap account.
  4. Tampilan blog tidak menjadi dalam penilaian.
  5. Tulisan akan dinilai oleh tiga juri dari latar belakang berbeda, pimpinan redaksi, kolomnis lokal Palopo, dan mewakili Pemkot Palopo.
  6. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Pengumuman Pemenang

Pemenang lomba akan diumumkan pada 7 September 2017 melalui website BloggerTanaLuwu.or.id. Teknis penerimaan hadiah akan disampaikan melalui email setelah ada pemanang.

Hadiah

Ada tiga juara yang berkesempatan mendapatkan hadiah, ditambah 10 tulisan yang masuk dalam nominasi akan mendapat hadiah dengan total puluhan juta rupiah + sertifikat.

  • Juara I :  Rp. 3.000.000,-
  • Juara II : Rp. 2.000.000,-
  • Juara III : Rp 1.000.000,-
  • Juara harapan 1-10 masing-masing Rp. 500.000 (***)

 

Berikan Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Peluang Kelas Blogger: Lomba Menulis Artikel PALOPO’TA di Blog 2017 – #Kelas Blogger

Comments are closed.